Doa Setelah Sholat Witir Lengkap

Sholat witir adalah salah satu ibadah sholat yang sebenarnya tidak asing untuk kita semua. Terutama di bulan ramadhan, jika anda melaksanakan sholat tarawih, anda akan melaksanakan sholat witir sebanyak tiga rakaat setelah selesai tarawih.

Mungkin anda berfikir, sholat witir adalah sholat yang hanya dikerjakan saat ramadhan seperti halnya sholat tarawih. Namun hal itu tidak benar, karena sholat witir adalah sholat sunnah yang dikerjakan malam hari dan tidak harus dikerjakan disaat ramadhan. Sholat witir dapat dikerjakan setiap malam, waktu melaksanakannya dimulai dari setelah isya sampai menjelang waktu subuh datang. Dan karena itu juga, sholat ini disebut juga sebagai penyempurna sholat malam. Sama seperti sholat sunnah, setelah selesai anda harus membaca doa setelah sholat witir. Dan meski sunnah, melaksanakan sholat witir memiliki banyak manfaat. Berikut ini manfaatnya!

  • Sholat witir adalah ibadah yang dicintai Allah SWT. Ini karena Allah SWT menyukai sesuatu yang ganjil termasuk ibadah sholat witir yang memiliki jumlah rakaat yang ganjil.
  • Waktu melaksanakan sholat witir adalah selepas waktu sholat isya hingga menjelang waktu subuh datang. Bagi anda yang tidak bisa bangun di sepertiga malam, anda boleh mengerjakannya setelah sholat isya. Namun akan lebih baik lagi jika anda mengerjakannya di sepertiga malam karena di sepertiga malam adalah waktu yang sangat dekat dengan Allah SWT. Dimana Allah SWT akan mengabulkan semua doa yang dipanjatkan di sepertiga malam. Selain itu, sholat di sepertiga malam akan disaksikan oleh para malaikat.
  • Orang yang melaksanakan sholat witir akan senantiasa mendapatkan kekuatan dan petunjuk ketika sedang kesulitan. Ini karena pada sholat witir, kita juga membaca doa qunut yang dibaca sebagai permohonan untuk mendapatkan petunjuk dan kemudahan saat mengalami kesulitan.

Meski hukumnya sunnah, namun akan lebih baik jika anda melaksanakan sholat witir ini. Bahkan Rosulullah SAW tidak pernah meninggalkan sholat witir meski sedang bepergian atau diperjalanan. Dan jika pun beliau meninggalkannya, Rosulullah SAW akan mengqadhanya. Semoga bermanfaat ya!

Leave a Reply