Faktor Resiko Merokok

Bahan kimia dalam asap rokok membahayakan jantung dan pembuluh darah Anda dengan berbagai cara. Misalnya, mereka:Berkontribusi pada peradangan, yang dapat memicu penumpukan plak di arteri Anda.Kerusakan dinding pembuluh darah, membuat mereka kaku dan kurang elastis (melar). Kerusakan ini mempersempit pembuluh darah dan berkontribusi pada kerusakan yang disebabkan oleh kadar kolesterol tidak sehat.Ganggu irama jantung normal.Tingkatkan tekanan darah dan detak jantung Anda, membuat jantung Anda bekerja lebih keras dari biasanya. Obat Jantung Bocor

Turunkan kolesterol HDL Anda (“baik”) dan tingkatkan kolesterol LDL Anda (“buruk”). Merokok juga meningkatkan kadar trigliserida Anda. Trigliserida adalah sejenis lemak yang ditemukan di dalam darah.

Tebalkan darah Anda dan buat lebih sulit darah Anda membawa oksigen.

Merokok dan Risiko Penyakit Jantung

Merokok merupakan faktor risiko utama penyakit jantung koroner, suatu kondisi di mana plak terbentuk di dalam arteri koroner. Arteri ini memasok otot jantung Anda dengan darah kaya oksigen.Saat plak terbentuk di arteri, kondisinya disebut aterosklerosis.Plak menyempit arteri dan mengurangi aliran darah ke otot jantung Anda. Penumpukan plak juga membuatnya lebih mungkin bekuan darah terbentuk di arteri Anda. Gumpalan darah sebagian atau seluruhnya bisa menghalangi aliran darah.Seiring waktu, merokok berkontribusi pada aterosklerosis dan meningkatkan risiko Anda menderita dan meninggal karena penyakit jantung, gagal jantung, atau serangan jantung.Dibandingkan dengan bukan perokok, orang yang merokok lebih mungkin terkena penyakit jantung dan menderita serangan jantung. Risiko memiliki atau meninggal akibat serangan jantung bahkan lebih tinggi di antara orang-orang yang merokok dan sudah memiliki penyakit jantung.Bagi beberapa orang, seperti wanita yang menggunakan pil KB dan orang-orang yang menderita diabetes, merokok menimbulkan risiko yang lebih besar lagi pada jantung dan pembuluh darah.Merokok merupakan faktor risiko utama penyakit jantung. Bila digabungkan dengan faktor risiko lainnya ┬áseperti kadar kolesterol darah yang tidak sehat, tekanan darah tinggi, dan kelebihan berat badan atau obesitas – merokok selanjutnya meningkatkan risiko penyakit jantung.

Merokok dan Resiko Penyakit Arteri Perifer

Penyakit arteri perifer (P.A.D.) adalah penyakit di mana plak terbentuk di arteri yang membawa darah ke kepala, organ, dan anggota badan Anda. Merokok merupakan faktor risiko utama untuk P.A.D.BANTALAN. Biasanya mempengaruhi arteri yang membawa darah ke kaki Anda. Aliran darah yang terblokir di arteri kaki bisa menyebabkan kram, nyeri, kelemahan, dan mati rasa di pinggul, paha, dan otot betis.Aliran darah yang terblokir juga bisa meningkatkan risiko terkena infeksi pada anggota tubuh yang terkena. Tubuh Anda mungkin mengalami kesulitan dalam melawan infeksi.ika cukup parah, aliran darah yang tersumbat bisa menyebabkan gangren (jaringan mati). Dalam kasus yang sangat serius, ini bisa menyebabkan amputasi kaki.Jika Anda memiliki P.A.D., risiko penyakit jantung dan serangan jantung Anda lebih tinggi daripada risiko orang yang tidak memiliki P.A.D.

Merokok bahkan satu atau dua batang rokok sehari bisa mengganggu P.A.D. Perawatan. Orang yang merokok dan penderita diabetes beresiko tinggi terkena P.A.D. Komplikasi, termasuk gangren di kaki akibat penurunan aliran darah.

Resiko Asap

Asap rokok adalah asap yang berasal dari ujung rokok, cerutu, atau pipa yang terbakar. Perokok pasif juga mengacu pada asap yang dihirup oleh orang yang merokok.Asap rokok mengandung banyak bahan kimia berbahaya yang sama yang dihirup orang saat mereka merokok. Hal ini dapat merusak jantung dan pembuluh darah orang yang tidak merokok dengan cara yang sama seperti merokok aktif merugikan orang yang merokok. Perokok pasif sangat meningkatkan risiko serangan jantung dan kematian orang dewasa.

Perokok pasif juga menimbulkan risiko penyakit jantung koroner masa depan pada anak-anak dan remaja karena:

  • Merusak jaringan jantung
  • Menurunkan kolesterol HDL
  • Meningkatkan tekanan darah

Resiko perokok pasif sangat tinggi pada bayi prematur yang memiliki sindrom gangguan pernafasan dan anak-anak yang memiliki kondisi seperti asma.

Risiko Merokok dan Pipa Asap

Periset tahu lebih sedikit tentang bagaimana asap cerutu dan asap mempengaruhi pembuluh darah dan jantung daripada asap rokok.Namun, asap dari cerutu dan pipa mengandung bahan kimia berbahaya yang sama seperti asap rokok. Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang merokok cerutu berisiko tinggi terkena penyakit jantung. Obat Jantung Bocor

Leave a Reply