Inilah Cara Edit PDF Dengan Mudah

PDF yang merupakan singkatan dari Portable Document Format merupakan format file yang mulai diperkenalkan sejak awal tahun 90-an oleh Adobe Systems. Salah satu ciri khas dari file PDF adalah format layout yang tetap (fixed layout) yang secara umum dapat digunakan untuk pertukaran dokumen. Proses saling tukar dokumen ini dapat dilakukan di semua platform (multi pltaform) dan melalui internet.

File PDF dirancang oleh Adobe untuk menampilkan dokumen dengan akurat meskipun dibuka oleh berbagai macam software dan aplikasi. Dalam keadaan yang normal, file PDF sudah tidak perlu di edit lagi karena sifatnya yang sudah final untuk dipresentasikan kepada end user. Pada umumnya, untuk membuka file dengan format PDF adalah dengan menggunakan software Adobe Reader, aplikasi resmi dari Adobe. Namun dengan software ini kita tidak dapat edit file PDF seperti menambah teks, menghapus teks, menambahkan gambar, dan lain-lain.

Pada dasarnya, cara edit PDF yang merupakan file yang berbentuk image sehingga untuk mengubahnya menjadi teks dibutuhkan yang namanya OCR (Optical Character Recognition). Aplikasi yang menggunakan teknologi ini salah satunya adalah Adobe Acrobat Pro yang merupakan keluaran dari Adobe. Namun harga dari software tersebut lumayan mahal yaitu $15 per bulan, jadi tidak sekali beli langsung dapat dipakai selamanya. Bisa dibayangkan ya kalau olah file PDF itu ternyata cukup mahal.

Microsoft Office Word 2010 atau versi dibawahnya hanya menyediakan pilihan bagi penggunanya untuk menyimpan dokumen sebagai file pdf dengan cara Save As lalu pilih format PDF. Perubahan terjadi pada versi Microsoft Word 2013, dimana Anda dapat membuka dan edit file pdf dengan sangat mudah seperti edit file word. Microsoft Word 2013 dan Microsoft Word 2016 membawa beberapa fitur baru diantaranya adalah kemampuan untuk mengedit file pdf secara langsung.

Buka file PDF yang kamu miliki untuk di edit lalu Microsoft Word 2013 akan membuka sekaligus mengkonversi terlebih dahulu file pdf ke format dokumen Microsoft Word yang selanjutnya bisa diedit layaknya sedang membuat file Word. Setelah selesai dengan proses editing, save kembali file tersebut dengan format PDF. Sangat mudah untuk edit file PDF.

 

 

Leave a Reply