Jahe Bukan Hanya Untuk Menghangatkan Tubuh

Tahukah anda jika jahe bukan hanya bermanfaat untuk menghangatkan tubuh saja? Tetapi juga digunakan untuk mengobati penyakit yang lain. Mau tahu penyakit apa saja yang bisa diobati dengan jahe? Simak penjelasan berikut ini.

cara menghilangkan bekas jerawat

Jahe

Mengurangi rasa sakit akibat Osteoarthritis
Osteoarthritis merupakan gangguan penurunan fungsi sendi yang memiliki karakter seperti pembengkakan, gejala nyeri, dan peradangan sendi. Penyakit ini biasanya menyerang persendian pada pinggul, tangan, lutut, dan tulang belakang yang akan semakin parah seiring berjalannya waktu jika tidak segera ditangani.

Penyakit osteoarthritis ini banyak dijumpai pada orang dewasa dengan usia sekitar 45 tahun keatas. Walaupun demikian, tidak menutup kemungkinan penyakit ini bisa menyerang remaja.

Jahe diketahui mempunyai kandungan fenolik yang tinggi yang berfungsi sebagai analgesik, anti-inflamasi, antibakteri, anti-piretik, anti-tumor, dan berfungsi untuk menenangkan saraf.

Sebuah penelitian menunjukan bahwa dengan mengonsumsi jahe bagi penderita osteoarthritis bisa mengurangi nyeri secara signifikan. Sebuah studi kasus juga menyebutkan bahwa terapi jahe pada pasien secara progresif bisa mengurangi gejala osteoarthritis dalam jangka waktu 24 minggu. Penelitian ini juga membuktikan bahwa tanpa atau dengan tambahan apapun, jahe bisa memberikan keuntungan pada penderita ostheoarthritis dengan mengurangi nyeri serta meningkatkan fungsi sendi.

Jahe selain untuk mengurangi nyeri, jahe juga diketahui bisa mengurangi inflamasi serta kerusakan tulang. Studi melaporkan bahwa dengan mengonsumsi bubuk jahe bisa memberikan keuntungan dikarenakan bisa meredakan rasa sakit pada otot, nyeri, dan juga meredakan pembengkakan. Waktu pengonsumsian ini pun antara 3 bulan hingga 2,5 tahun.

Gingerol serta shogaol adalah senyawa pada jahe yang mempunyai efek analgesik serta anti-inflamasi. Senyawa inilah yang akan menghadang pembentukan inflammatory mediators pada pasien ostheoarthritis, sehingga bisa meredakan pembengkakan, nyeri, dan rasa sakit pada otot. Senyawa ini juga bisa mengurangi kerusakan atau degradasi pada tulang rawan.

Ada beragam cara untuk mengonsumsi jahe bagi pasien osteoarthritis, seperti dengan memasukkannya ke masakan, lalu dikeringkan hingga menjadi bubuk ataupun dengan diambil ekstrak minyaknya.

Untuk pencegahan, seseorang bisa mengonsumsi sekitar 1 gram jahe setiap harinya, tetapi untuk pengobatan mual, dosisnya harus ditambahkan antara 1-3 gram per hari. Namun untuk arthritis, dosis yang disarankan adalah 250 mg, diminum 4 kali dalam sehari.

Ternyata jahe tidak hanya untuk menghangatkan tubuh, namun bisa juga untuk pengobatan osteoarthritis. Anda yang menderita osteoarthritis bisa mencoba melakukan perawatan dengan jahe secara rutin. Bahan yang murah yang bisa anda temukan di pasar ataupun di pekarangan rumah anda. semoga bermanfaat. Dan juga tidak ada salahnya jika anda ingin berkunjung ke atinaa.com untuk menambah wawasan anda seputar cara menghilangkan bekas jerawat.

Leave a Reply