Perbedaan Kopi Hitam dan Green Coffee

Perbedaan Kopi Hitam dan Green Coffee-Salah satu jenis minuman yang sudah dikenal ribuan tahun yang lalu adalah kopi. Sejak dahulu kopi diseduh untuk dijadikan minuman penghangat badan. Kopi juga digunakan sebagai minuman untuk menunjukan tingkatan status kebangsawanan yang mereka miliki. Sama halnya dengan coklat, dahulu kopi yang terbaik atau berkualitas merupakan minuman yang khusus disajikan untuk kalangan atas  atau ningrat saja, sedangkan masyarakat biasa atau yang bukan bangsawan hanya dapat menikmati kopi dengan kualitas yang rendah.

 

Tetapi sejalannya dengan kemajuan zaman, seluruh masyarakat dari kalangan atas atau bawah berhak untuk menikmati semua kopi yang berkualitas dan memiliki rasa yang nikmat dan aroma yang khas. Karena kopi bukan lagi minuman yang diperuntukan untuk dinikmati oleh orang kaya saja tetapi seluruh lapisan berhak menikmati kopi.

Tahukah anda? Ada primadona jenis kopi lain yang sudah terkenal di masyarakat sebelum ditemukannya kopi hitam. Green coffee atau kopi hijau adalah salah satu jenis minuman tradisional di Arab Saudi. Karena pada masa itu penanaman kopi khas Arab yang bernama kopi Arabica belum ditemukannya proses sangrai atau pemanggangan untuk mendapatkan rasa yang lebih nikmat dan aroma yang khas, sehingga biji kopi langsung diseduh dan menghasilkan kopi yang berwarna seperti teh.

Rupanya dibandingkan kopi hitam, green coffeee juga memiliki manfaat kesehatan yang lebih banyak. Salah satu contohnya adalah menekan rasa lapar sehingga dapat menurunkan berat badan dan membantu proses pembakaran lemak lebih efektif. Selain kesehatan kedua jenis kopi ini juga memiliki perbedaan lainnya.

Apa itu kopi hitam ?

Kopi hitam adalah salah satu jenis kopi yang sudah banyak dikenal dikalangan masyarakat. Kopi hitam adalah kopi yang dihasilkan dari proses pengolahan biji kopi, biasanya untuk memperoleh warna kopi dilakukan proses pemanggangan atau sangrai. Proses pemanggangan digunakan untuk menghasilkan aroma kopi yang khas dan rasa yang lebih nikmat. Namun, ada beberapa variasi pengolahan kopi hitam dengan menambahkan beberapa jenis bahan, menghasilkan kopi yang nikmat seperti kopi moka, capucinno dan kopi susu. Dan kini ada pengolahan kopi yang menghasilkan kopi dengan warna terang yang disebut white coffee.

Apa itu green coffee?

Sedangkan kopi hijau atau green coffee adalah kopi yang dipasarkan tanpa proses pengolahan terlebih dahulu. Atau bisa dikatakan bahwa green coffeee adalah jenis kopi yang masih mentah. Kopi hijau ini dipercaya oleh sebagian orang dapat menurunkan berat badan secara efektif dan ampuh.

Perbedaan lain green coffee dan kopi hitam

  1. Kopi hitam harus diproses dengan cara dipanggang di suhu yang sangat tinggi untuk mengeringkan biji kopi. Tetapi sayangnya kandungan alami dan antioksidan dalam kopi akan menghilang karena ikut mengering, bisa dikatakan kopi hitam hampir tidak mempunyai khasiat sama sekali.
  2. Sedangkan green coffee tidak harus disangrai atau dibakar, sehingga zat alami di dalamnya akan tetap utuh terjaga. Kandungan antioksidan dan juga kadungan kafein di dalam kopi akan memberikan manfaat yang luar biasa untuk kencantikan kulit, seperti terhindar dari resiko penuan dini, menjaga kulit tetap kenyal dan lembut.
  3. Biji kopi hitam tidak dapat dikonsumsi secara langsung. Setelah proses pemanggangan biji kopi hitam harus digiling sampai menjadi bubuk dengan menggunakan alat khusus. Sedangkan biji kopi hijau dapat dikonsumsi secara langsung tanpa proses penggilingan dengan cara cukup merebusnya dengan air kemudian biji kopi hijau akan menyusut dan bisa langsung diminum.
  4. Green coffee banyak diolah menjadi suplemen makanan untuk menurunkan berat badan. Karena di dalam kopi hijau terdapat chlorogenic acid yang berfungsi untuk menahan nafsu makan sehingga makan akan semakin terkontrol. Green coffee sangat baik dikonsumsi oleh orang yang mempunyai diabetes, asal dengan tidak berlebihan dan tetap menjaga kadar gula darah dalam tubuh. Sebaliknya, kopi hitam tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes.

 

Leave a Reply