Top 10 Langkah Menjaga Kesehatan Pencernaan

Gaya hidup Anda dapat dilihat dari makanan dan minuman Anda. Jika Anda mengkonsumsi makanan dan minuman sehat maka Anda akan memperoleh asupan gizi dan asupan serat yang cukup, apalagi kalau mau mengimbangi dengan olahraga tentu akan membantu kesehatan pencernaan menjadi lebih baik. Sistem pencernaan merupakan proses alami tubuh, sehingga berbagai macam nutrisi dalam makanan dapat diserap dengan baik. Jika Anda tidak mempedulikannya, maka Anda bisa mengalami resiko terkena berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh sistem pencernaan usus seperti asam lambung, maag, tukak lambung, bahkan kanker usus.

Kesehatan pencernaan dipengaruhi oleh gaya hidup dan makanan kita. Selanjutnya akan dijelaskan cara untuk meningkatkan kesehatan pencernaan, dengan begitu sistem pencernaan akan berfungsi secara efisien, yang akan berdampak langsung pada kesehatan tubuh kita.

10 Tips dari distributor fiforlif semarang dibawah ini dapat Meningkatkan dan Mempertahankan Kesehatan Pencernaan Anda!

1. Diet makanan tinggi serat

Mengkonsumsi makanan tinggi serat seperti biji-bijian, sayuran, kacang-kacangan, dan buah-buahan, makanan tersebut bermanfaat sebagai cara menurunkan berat badan dengan alami dan untuk meningkatkan kesehatan pencernaan Anda. Fungsi serat adalah untuk membantu menjaga makanan supaya lancar saat melalui saluran pencernaan, sehingga akan mengurangi resiko sembelit. Hal tersebut juga bisa membantu mencegah ataupun mengobati berbagai macam penyakit pencernaan, seperti wasir dan sindrom iritasi usus besar. Selain itu, hal ini juga dapat membantu mempertahankan berat badan Anda.

2. Konsumsi serat

Ada dua jenis serat yaitu serat larut dan serat tak larut. Masing-masing bermanfaat dalam sistem pencernaan, meskipun dengan cara yang berbeda. Serat larut tidak dapat dicerna oleh tubuh, hanya berfungsi membantu mengumpulkan semua kotoran. Sehingga akan mencegah kotoran yang terlalu encer, seperti gandum, oat, sayuran, dan biji-bijian.

3. Membatasi yang banyak mengandung lemak

Makanan berlemak cenderung akan memperlambat proses pencernaan, sehingga membuat Anda lebih rentan terkena sembelit. Namun menambahkan makanan tinggi serat pada makanan yang berlemak dapat membantu mempermudahnya sistem pencernaan.

4. Memilih daging tanpa lemak

Protein menjadi hal penting yang harus ditambahkan kedalam menu diet sehat Anda. Saat Anda sedang makan daging, usahakan pilih potongan daging yang tipis tanpa lemak, dan tanpa kulit.

5. Tambahkan probiotik dalam diet

Probiotik termasuk bakteri sehat alami yang dapat berkembang dalam saluran pencernaan, berfungsi membantu menjaga tubuh supaya tetap sehat dengan cara mencegah efek samping dari pola makan yang tidak sehat, antibiotik, dan stres. Tidak hanya itu, probiotik juga bisa meningkatkan penyerapan nutrisi, membantu memecah laktosa, memperkuat sistem kekebalan, bahkan dapat membantu mengobati sindrom iritasi usus besar. Probiotik dapat diperoleh dari yoghurt rendah lemak.

6. Makan secara teratur sesuai jadwal

Mengkonsumsi makanan secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Usahakanlah makan tepat pada waktunya dan lakukan secara teratur.

7. mencukupi asupan cairan

Minum banyak air sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan, karena akan membantu melarutkan lemak dan serat larut didalam sistem pencernaan kita.

8. Hilangkan kebiasaan buruk

Kebiasan merokok, ngopi, dan minum-minuman beralkohol dapat mengganggu sistem pencernaan, yang dapat mengakibatkan masalah maag dan ulkus. Segeralah tiggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut.

9. Berolahraga secara teratur

Banyak sekali manfaat dari berolahraga diantaranya membantu metabolisme sistem pencernaan, dapat mengurangi resiko sembelit. Olahraga yang dilakukan secara teratur juga akan membantu mempertahankan berat badan yang ideal. Lakukanlah olahraga yang teratur sesuai jadwal olahraga Anda.

10. Mengelola stres dengan baik

Terlalu banyak mengalami stres salah satu menjadi penyebab sistem pencernaan terganggu. Sangat dianjurkan untuk melakukan kegiatan-kegiatan atau kegemaran yang dapat mengurangi stres.

Gangguan pencernaan dapat menjadi penyakit yang serius, sehingga melakukan tindakan pencegahan harus dimulai dari hal yang sederhana, dapat dilakukan dengan cara merubah gaya hidup sehat.

Leave a Reply